Friday, April 3, 2009

Cara Memulai Bisnis Usaha Kecil

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memulai usaha kecil, dimana beberapa item dapat dilihat dengan mudah hingga ada juga yang terlewat. Pilihlah sebuah bisnis dalam bidang yang sama seperti yang telah anda rencanakan untuk membukanya, sebaik yang pertama yaitu dalam ukuran yang sama.

Dengan meninjau business plan akan banyak memberikan anda gambaran dan membuka mata. Business plan akan menunjukkan pada anda item -item yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Business plan yang bagus dimulai dengan pernyataan misi atau sasaran. Ini adalah tema utama bisnis dan tidak boleh diabaikan. Ini penting dalam usaha baru.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah laporan keuangan. Laporan ini akan menunjukkan anggaran yang perlu dipertimbangkan. Ketika anda siap memulai membuat business plan, mungkin anda ingin mendapatkan bantuan penulis dan perencana keuangan atau akuntan profesional. Business plan harus mencakup detil spesifik yang penting bagi investor dan bank. Walaupun modal bisnis menggunakan modal kecil, tetapi harus ada laporan keuangannya.

Perhatikan pengeluaran berikut pada saat membuat anggaran:
- Sewa
- Asuransi
- Biaya Perijinan
- Anggaran marketing
- Biaya internet
- Upah kerja
- Biaya telepon
- Komputer dan modem
- Listrik, gas, air
- Biaya Perbaikan
- Biaya material
- Biaya jasa kebersihan
- Mesin foto copy
- Mesin fax
- Peralatan kantor
- Furnitur kantor
- Biaya renovasi
- Mesin kasir
- Biaya pelatihan
- Akuntan
- Pengiriman

Di samping semua pengeluaran di atas, masih ada biaya tambahan lainnya yang terkait dengan usaha bisnis spesifik anda. Selalu sisihkan uang tambahan untuk pengeluaran yang tidak terduga.

Ketika anda memiliki business plan, anda dapat memulai bisnis baru tsb. Buatlah penyesuaian pada rencana jika diperlukan. Sebelum anda mengambil pegawai, buatlah data sumber daya manusia termasuk deskripsi pekerjaan dan rencana kompensasi. Jika bisnis anda memerlukan orang dengan kemampuan teknis, anda memerlukan layanan profesional yang akan mewawancara pelamar.

Dengan staf yang anda miliki, anda dapat mengelola kantor. Pastikan kantor diset dengan efisiensi yang optimal. Tentukan aturan-aturan dasar terkait dengan housekeeping sehingga kantor tetap bersih dan gunakan jasa kebersihan profesional. Kita bertindak seperti perusahaan bisnis profesional.

Komunikasi yang baik adalah kunci agar bisnis berjalan mulus. Bahkan, kantor kecilpun perlu komunikasi resmi secara berkala. Mulailah kebiasaan menggunakan email atau newsletter untuk menyebarkan informasi penting. Selalu menangani masalah karyawan dengan bijak. Layaknya perusahaan bisnis profesional.

Belajar mendelegasikan tugas ke orang lain dalam organisasi. Ini penting jika anda ingin usaha bisnis berhasil. Libatkan orang lain dalam proses pembuatan keputusan jika diperlukan sehingga mereka merasa ikut memiliki perusahaan.

www.pengusahamuslim.com


Temukan informasi lainnya mengenai Usaha Bisnis ~ Modal Kecil ~ Modal Bisnis ~ Perusahaan Bisnis ~ Usaha Baru ~ Bisnis Murah ~ Bisnis Baru ~ Usaha Murah hanya di Usaha Baru : Bisnis & Usaha Modal Kecil - Usaha & Bisnis Murah pada 88db.com

No comments:

Post a Comment