Wednesday, April 8, 2009

Dari Kain Menjadi Gaun

Kerja, kerja, ayo kita kerja,
Gunting kain, jadikan gaun..."

Sepenggal lirik lagu dari film Cinderella-nya Ira Maya Sopha tahun 80an itu menjadi ide tulisan saya. Dari kain menjadi gaun atau jenis pakaian lainnya, bagaimana proses Menjahit Baju?

Mau Belajar Jahit baju dan desain pakaian?

Kita tahu pakaian terbuat dari kain, tapi bagaimana prosesnya hingga kain itu 'berubah bentuk' menjadi gaun, blus, rok, kemeja, atau jenis pakaian lainnya? Selama ini kita hanya tahu beres saja, beli di toko atau berikan ke penjahit (Jahit Jakarta).

Nah untuk Belajar Menjahit Baju ada beberapa tahapan agar si kain menjadi pakaian, secara umum ada beberapa tahapan :

1. Desain/rancangan
Pakaian yang kita ingin wujudkan dari kain tadi, harus jelas dulu desain atau rancangannya. Kita dapat merancangnya sendiri atau mengambil rancangan yang sudah ada, misalnya dari majalah dan bisa juga ikut Kursus Jahit Baju. Silahkan lihat Belajar Menjahit Baju dan Kursus Menjahit.

2. Pola
Setiap potongan pakaian ada polanya yang tertentu. Untuk membuat pola sendiri dibutuhkan pengetahuan khusus pattern making. Bagi yang tidak dapat membuat pola sendiri, beberapa majalah wanita menyediakan lampiran pola untuk beberapa halaman modenya. Di luar negeri bahkan banyak majalah khusus membuat pakaian, jadi semua pakaian yang ada di dalamnya dilampirkan polanya.

3. Potong
Kain tadi dipotong sesuai pola. Memotong kain pun tidak sembarangan. Pola diusahakan diatur sedemikian rupa sehingga kain terpakai secara optimal, dan tidak banyak yang terbuang. Hal ini akan sangat terasa jika membuat pakaian dalam jumlah banyak.

4. Jahit
Kain yang telah dipotong sesuai pola tadi kemudian disambung - sambungkan sehingga membentuk pakaian yang diinginkan. Dalam proses ini diterapkan berbagai teknik menjahit, misalnya bagaimana memasang saku, menyambungkan lengan agar rapi, dan lain-lain (Kursus Menjahit).

5. Finishing
Mungkin ada pakaian-pakaian yang masih perlu diolah lagi setelah dijahit. Misalnya dipasang kancingnya, atau ditambahkan sulaman atau dekorasi lainnya. Di sini semuanya diselesaikan (Belajar Jahit Baju).

Begitulah perjalanan si kain menjadi si gaun...

Sumber: sitekreator.com

Temukan informasil lainnya di Jakarta Kursus - Kursus Jakarta - Belajar Menjahit - Kursus Menjahit - Menjahit Baju - Belajar Jahit - Jahit Jakarta - Menjahit Jakarta - Belajar Jahit Baju - Kursus Jahit Baju - Belajar Menjahit Baju - Kursus Menjahit Baju dan Kursus Menjahit & Menjahit Baju: Kursus Jahit & Belajar Menjahit Jakarta hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment