Friday, April 24, 2009

desain furniture untuk desain interior

Kalau Anda merencanakan kitchen set dan design furniture, tentu Anda perlu yakin bahwa desain kitchen set dan design furniture yang Anda buat akan sangat fungsional, efisien dan menyenangkan, dan secara fisik nyaman untuk bekerja. Mendapatkan kualitas cabinet , mebel furniture serta perangkat dapur yang berkualitas tentu penting. Tetapi jauh lebih penting adalah mendesain tata letak mebel furniture dan serta dimensi ukuran yang tepat.

Nah sebelum Anda mendesain desain mebel atau merenovasi Kitchen set dan design mebel idaman baiklah memperhatikan beberapa prinsip berikut.

Pertama, konsep tradisional: segitiga kerja (Work Triangle)

Para designer furnitures umumnya sepakat bahwa ada tiga titik utama dari dapur yaitu: cleanup, mixing dan cooking. Cleanup atau tempat bersih-bersih meliputi, sink (dan mesin cuci piring), tempat untuk piring kotor, kran, tempat sabun, dan tempat piring-sendok-gelas, untuk kebutuhan rutin. Berdekatan dengan tempat bersih-bersih adalah kulkas.

Mixing designer furnitures atau tempat meracik harus ditata dan cukup dekat dengan alat masak yang paling sering dibutuhkan: pisau, talenan, manguk dan sebagainya. Cooking center meliputi kompor, serta tempat sementara untuk makanan panas. Kabinet untuk meletakkan bumbu, panci, penggorengan, diltekkan tidak jauh dari kompor.

Layout design mebel dan dapur idealnya menggambarkan relasi optimal desain furniture antara sink (tempat cuci)+tempat meracik, kompor dan kulkas. Itu sebabnya relasi optimal ini disebut segitiga kerja. Idenya adalah kalau tiga hal ini berjarak terlalu jauh, pekerja dapur atau ibu rumah tangga harus bekerja lebih berat karena banyak langkah/jalan yang tidak berguna. Sebaliknya bila terlalu dekat, titik-titik kesibukan kerja dapur mungkin menjadi tumpang tindih.

Kedua konsep modern: multiple working centres
desain furniture yang di desain lebih modern, memperkenalkan konsep island layout. Asumsinya adalah kebanyakan orang, karena kesibukan kerja, cenderung memilih makanan yang semi siap saja: bumbu jadi, makanan kaleng, makanan siap goreng atau rebus dan sebagainya.

Selain itu, keluarga modern cenderung beranggapan, siapa saja mestinya dapat bekerja di dapur. Tidak hanya ibu rumah tangga (atau pembantu rumah). Hal ini sejalan dengan perubahan peran suami-istri, dan kesetaraan pembagian kerja rumah tangga di antara anggota keluarga, Selain itu, dapur modern juga menambahkan satu fungsi dapur yaitu sebagai tempat saji, yaitu tempat untuk menata makanan panas yang selesai dimasak, sebelum disajikan ke meja makan. Atau juga tempat untuk memasak kue.

Dengan asumsi itu, para desain mebel mengembangkan konsep islands layout. Pada layout ini counter top (top table: granit, marmer, takon dsb) diletakkan di tengah dan menciptakan ruang yang lebih banyak untuk meracik, menyiapkan makanan dsb.

Ketiga, standard layout


http://annahape.com

Temukan semua

Design Furniture - Designer Furnitures - Design Mebel - Mebel Furniture - Desain Furniture - Desain Mebel dan Designer Furnitures : Design Mebel & Furniture - Desain Furniture Serpong Tangerang semua ada di 88DB.Com

No comments:

Post a Comment