Wednesday, April 15, 2009

Hidangan Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng hampir selalu menjadi hidangan istimewa yang disajikan pada acara-acara khusus (Tumpeng Catering ). Ingin membuat Nasi Tumpeng sendiri? Tip berikut ini dapat membantu Anda membuat Masakan Nasi Tumpeng yang lezat.
  1. Campur 200 g beras ketan putih untuk setiap 1 kg beras supaya nasi tumpeng menjadi pulen dan mudah dibentuk.
  2. Rendam campuran beras selama 8 -10 jam agar cepat matang dan hasilnya bagus, kemudian kukus selama 1/2 jam hingga setengah matang.
  3. Masukkan beras kukus ke dalam santan mendidih, bersama daun salam/daun pandan dan garam, masak hingga santan habis. Supaya nasi tumpeng terlihat kuning mengilap, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis ke dalam tiap 1.500 ml santan.
  4. Pastikan untuk memasak santan terlebih dahulu hingga matang supaya Masakan Nasi tumpeng tahan lama
  5. Agar permukaan Masakan Tumpeng licin dan tidak ‘berbulu’, setelah beras matang, jangan diaduk lagi, biarkan dalam panci tertutup selama 15 menit, baru kukus hingga kering dan matang.
  6. Untuk mempercantik Masakan Nasi Tumpeng, gunakan garnish dari wortel, peterseli, bengkuang, cabai merah, tomat, atau sayuran lain.
Selanjutnya anda bisa membuat Aneka Tumpeng dengan gaya anda sendiri, sesuai dengan selera anda. Selamat mencoba

Sumber: femina-online.com


Temukan informasi lainnya mengenai Nasi Tumpeng - Nasi Kuning - Masakan Nasi - Masakan Nasi TumpengMasakan Tumpeng - Aneka Tumpeng - Tumpeng Catering hanya di Nasi Tumpeng & Nasi Kuning : Masakan Nasi Tumpeng – Aneka Tumpeng Catering Bekasi pada 88db.com

No comments:

Post a Comment