Wednesday, April 22, 2009

Kiat Membeli Barang Antik

Barang antik dan unik tentu sangat menggiurkan. Apalagi jika barang itu punya nilai historis. Pasti orang berlomba-lomba memilikinya. Masalahnya, orang tak tahu apakah barang itu asli atau palsu. Asli atau tiruan. Orang juga tak tahu apakah barang itu berkualitas atau tidak. Dan orang juga tidak tahu bahwa harga barang-barang antik itu tak selalu mahal.

Berikut beberapa panduan yang bisa Anda pegang:

Teliti sebelum membeli

Membeli barang antik tidak semudah membeli barang-barang lainnya. Butuh kejelian, ketelitian, dan sedikit pemahaman untuk menemukan barang yang benar-benar antik. Jangan asal pilih! Ingat, ada barang yang benar-benar antik, ada barang repro (reproduksi) dan ada barang yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak sangat antik.

Mencari informasi

Sebelum membeli barang-barang antik itu, lebih baik Anda mencari atau mengumpulkan berbagai informasi mengenai barang yang Anda cari itu. Anda bisa mencari informasi tentang barang itu pada teman Anda, majalah, koran, buku atau internet. Cari tahu tempat dan harganya. Informasi seperti itu bisa membantu Anda untuk menyiapkan budget.

Tahan ekspresi

Berburu benda antik memang menyenangkan. Terutama untuk orang-orang yang memang benar-benar menyukainya. Sehingga ketika mereka melihat satu barang antik, mereka begitu bergairah dan ingin langsung memboyongnya. Tahan dulu! Ingat, mata bisa menipu. Jangan sampai Anda menyesal kemudian karena ternyata barang yang sudah Anda beli itu tidak antik dan asli. Hanya imitasi. Anda harus bisa memperhatikan setiap detail barang itu. Perhatikan tekstur dan modelnya. Mungkin ada yang cacat. Mungkin ada yang tiruan. Jika sang penjual benda antik melihat Anda begitu bergairah, dia bisa menaikkan harga.

Menawar sebelum membeli

Teknik yang satu ini sangat diperlukan. Bila Anda sudah menentukan pilihan Anda, janganlah lupa menawar harga di tempat jual barang antik tsb. Bukalah tawaran Anda dengan setengah harga dari harga aslinya. Terkadang penjual membuka harga dua kali lipat dari harga aslinya. Setelah itu barulah menaikkan harga sedikit demi sedikit hingga mendapatkan harga pas dan cocok. Ingat, yang menjual barang antik dan unik terlalu banyak. Karena itu, permainan tawar-menawar bukan sebuah sikap yang "keterlaluan". Para pedagang pun tahu dan sadar bahwa bukan hanya mereka yang menjual barang antik. Masih banyak orang lain yang menjual barang antik yang sama. Itu berarti jika Anda pergi dari mereka, Anda mendatangi orang lain.

Perhatikan kualitas barang

Barang yang murah belum tentu bagus kualitasnya. Begitu juga sebaliknya, barang yang mahal belum tentu berkualitas. Karena itu, Anda mesti jeli. Yang pertama Anda lakukan adalah memastikan apakah barang itu asli atau palsu. Kalau Anda sudah bisa memastikannya, Anda akan tahu barang itu berkualitas atau tidak.

Membandingkan harga

Dalam memilih koleksi barang antik dan unik, Anda tak boleh ceroboh. Jangan terburu-buru untuk segera memboyong barang tersebut. Carilah barang yang sama di tempat lain dan bandingkan harganya.

Hati-hati terhadap kriminalitas

Perhatikan tempat belanja koleksi barang antik Anda. Jika tempat belanja adalah tempat terbuka, perhatikan situasi di sekeliling Anda. Jangan sampai juga Anda menjadi korban tangan-tangan jahil dan usil.

www.forumkami.com

Temukan informasi lainnya mengenai Barang Antik - Jual Barang - Koleksi Benda - Koleksi Barang - Jual Benda - Koleksi Barang Antik - Jual Barang Antik hanya di Barang Antik : Jual Barang Antik – Koleksi Benda & Barang Antik Banjarmasin pada 88db.com

No comments:

Post a Comment