Wednesday, April 1, 2009

Membeli dan Memilih Kerajinan Perak



Kotagede identik dengan perak sehingga dijuluki Kota Perak. Memang sejak dahulu bekas ibukota Kerajaan Mataram Islam ini terkenal dengan Kerajinan Peraknya. Bahkan kerajinan perak Kotagede juga menembus pasar mancanegara.

Kotagede, Kota Perak

Ratusan warga Kotagede mengantungkan hidupnya dari Kerajinan Perak ini. Lihat saja, di sepanjang jalan utama di wilayah yang terletak 7 km arah tenggara pusat Kota Yogyakarta ini berjajar toko-toko yang menjajakan kerajinaan Perak Kotagede. Kata ‘perak’ dan ’silver’ tertera di kanan-kiri Jalan Kemasan, Jalan Mondorakan, hingga Jalan Tegalgendu.

Perhiasaan Perak kotagede - Miniatur BecakSebelum tahun 1990-an hanya pengusaha perak yang beromset besar saja yang membuka showroom Kerajinan Perak Kotagede, seperti Tom Silver, MD Silver, HS Silver, Narti Silver dan sebagainya. Namun menginjak pertengahan dekade 90-an, pengusaha kecil dan menengah mulai meramaikan bisnis Perhiasaan Perak ini. Banyak diantaranya yang sebelumnya bekerja sebagai pengrajin perak di perusahaan besar.

Pengrajin Perak di Kotagede terkenal dengan produknya yang unik, halus dan telaten dalam menggarap produk peraknya sehingga menghasilkan karya seni bernilai tinggi. Ratusan jenis kerarijinan perak dihasilkan oleh Pengrajin Perak, mulai dari cincin, giwang, bros, miniatur sepeda, becak, andhong, kapal-kapalan dan berbagai hiasan lainnya.

Kerajinan Perak Kotagede - bros dan hiasanHarga jual Kerajinan Perak Kotagede bervariasi, mulai yang termurah bros rata-rata Rp 10 ribu, cincin perak mulai harga Rp 100 ribu, miniatur becak Rp 250 ribu, miniatur andhong Rp 200 ribu. Bahkan ada yang harganya mencapai puluhan juta rupiah tergantung tingkat kerumitan dan banyaknya bahan baku yang digunakan.

Sekedar tips bila ingin membeli Perhiasaan Perak di sini, jangan keburu membeli di satu toko bandingkan dulu dengan harga toko Perhiasaan Perak kotagede lainnya. Mungkin anda bisa mendapatkan harga yang lebih hemat.

Temukan info mengenai kerajinan perak di Kerajinan Perak | Perhiasaan Perak | Jual Perak | Pengrajin Perak | Perak Kotagede | Kerajinan Perak Kotagede | Perhiasaan Perak kotagede dan Kerajinan Perak & Perhiasaan Perak : Jual Perak & Pengrajin Perak Kotagede Yogyakarta pada 88db.com.

http://mycityblogging.com

No comments:

Post a Comment