Wednesday, April 15, 2009

Merancang Rumah Serasi Dengan Alam

Keberadaan sebuah rumah tidak akan lepas dari keaadaan lingkungan alam disekelilingnya. kondisi alam juga dapat mempengaruhi penghuni rumah yang ada didalamnya. agar lingkungan alam tidak memberikan dampak buruk bagi penghuni rumah maka alangkah baiknya Rancangan Rumah disesuaikan dengan kondisi alam.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menyesuaikan
Rancangan Rumah dengan kondisi alam sekitar. misalnya:

1. Buatlah
Rancang Bangun Rumah dengan Mengurangi adanya Dinding Sekat Pembatas Ruangan.
Ruangan yang menyatu untuk berbagai fungsi, contohnya Ruang Tamu dan Ruang keluarga tidak dipisahkan dengan dinding menjadi dua ruang. tetapi cukup dengan variasi perbedaan ketinggian lantai atau menggunakan partisi yang tidak permanent.

2. Rancang Rumah dengan Ventilasi pada bagian Depan, Belakang, Samping Kiri dan Samping Kanan Dinding Bangunan.
Ventilasi ini akan berfungsi sebagai jalur masuk dan keluarnya aliran sirkulasi udara. Ventilasi dapat dibuat menyatu diatas kusen pintu atau jendela.

3.
Rancang Rumah dengan Ventilasi dibagian Dinding Sopi-sopi.
Ventilasi pada sopi-sopi berfungsi sebagai aliran masuk dan keluarnya udara pada ruang diantara plafond dan genting (ruang loteng). karena ruang ini sangat berpotensi menyalurkan radiasi panas yang berasal dari bahan penutup atap dan berpengaruh pada ruang yang ada dibawahnya.

4. Tambahkan Alat Untuk Mengalirkan Panas dari dalam Rumah, Seperti Exhaust dan Cooker Hood.
Alat ini digunakan untuk menyalurkan panas, asap dan sekaligus bau yang dihasilkan dari aktivitas memasak didapur.

5. Pilihlah Bahan Atap yang dapat Melindungi dan Menyerap Panas Sinar Matahari dengan Baik.
Rancangan Bangunan atas seperti Genting yang terbuat dari tanah liat atau keramik adalah salah satu bahan yang baik untuk meredam panas. selain itu, dibawah penutup atap anda dapat menambahkan lembaran bahan insulator.

6.
Rancangan Bangunan Agar Dinding Terluar dari Rumah memiliki Jarak Kosong denganDinding Pagar Halaman.
Hal ini sangat membantu dalam proses pendinginan alami, karena aliran angin tidak terhalang langsung oleh dinding dan bisa langsung masuk kedalam rumah. jika lokasi kavling tidak terlalu besar, maka dapat dibuat alternative dengan dinding tekuk sudut.

7. Rancang
Bangunan Rumah dg Ketinggian Plafond Agar Melebihi dari 3 meter.
Ketinggian plafond ini akan menghambat proses pemanasan yang terjadi didalam ruangan. panas yang ada akan dapat cepat dinetralisir oleh aliran angin yang masuk.

8. Butlah
Konstruksi Rumah dengan Sudut Kemiringan Atap yang lebih Besar, Sehingga didapatkan Ukuran Ruang Loteng yang lebih Luas.
Hal ini akan memperlambat proses pemanasan dari radiasi panas genting yang terjadi diruang loteng. kondisi ini akan membuat ruang loteng akan lebih cepat dingin karena hawa panas didinginkan oleh aliran udara yang masuk, dan keluar melalui ventilasi.

9. Gunakan Warna Cat Dinding yang tidak Menyerap Panas Matahari.
Warna yang gelap akan menyerap panas dan akan diteruskan kebagian dinding dalam banguna. akibatnya suhu ruang tersebut akan menjadi panas. Karena itulah kita harus menggunakan warna yang dapat memantulkan sinar matahari, seperti warna putih atau warna yang cerah.

10.
Konstruksi Rumah dengan Taman yang ditanami dengan Pohon yang Rindang.
Pohon-pohon ini akan dapat menahan terik sinar matahari secara langsung dan menahan partikel-partikel debu. selain itu juga adanya pohon-pohon tersebut agar membuat keadaan menjadi sejuk dan rindang.

11. Gunakan Bahan Penutup Jendela yang dapat Mengurangi Kekuatan Sinar Matahari.
Contohnya adalah penggunaan kaca film atau vertical blind. atau dapt juga digunakan kanopi untuk melindungi sinar matahari sehingga sinar matahari dapat langsung tertahan oleh adanya kanopi.

12. Perhatikan Penempatan Tampak Muka Rumah (Fasade) yang disesuaikan dengan Arah datang Sianr Matahari.
Ada baiknya tampak rumah/
Konstruksi Bangunan tidak langsung menghadap kearah datangnya matahari. paling arah tampaka rumah adalah 45-90 derajat dari arah datangnya sinar matahari ketika terbit.

Dengan demikian, bila
Rancang Bangun rumah sudah disesuaikan dengan kondisi lingkungan, setidaknya rumah akan nyaman dihuni dan ditempati.

Semoga Bermanfaat

Sumber: kharianto.co.cc

Temukan informasi lainnya mengenai Bangun Rumah - Rancangan Rumah - Rancangan Konstruksi - Rancangan Bangunan - Konstruksi Bangunan - Konstruksi Rumah - Bangunan Rumah - Rancang Bangun - Rancang Rumah hanya di Bangun & Rancangan Rumah: Konstruksi Bangunan Rumah-Rancang Bangun Rumah Jakarta Barat pada 88db.com

No comments:

Post a Comment