Tuesday, April 21, 2009

merawat mobil daihatsu

Makin banyak daihatsu dealers di indonesia dan daihatsu dealers ini semakin hari semakin berkembang. Dengan berkembangnya dealer mobil maka kasus mobil yang harus di reparasi pun semakin banyak.

dealers mobil khususnya dealers daihatsu biasanya selain menjadi dealer mobil juga terkadang menyediakan layanan bengkel yang menyatu dengan mobil dealer nya.

Tetapi tak jarang pula daihatsu dealer tidak menyediakan jasa bengkel di daihatsu dealer nya.

Inilah pentingnya menguasai teknik mesin mobil anda karena jika mobil dealers jauh dar rumah anda, sedangkan anda butuh dealers mobil yang terdekat, maka mau tak mau anda harus mendorong mobil anda ke mobil dealers bukan? Tetapi untuk menghindari hal ini dengan mengusai mesin anda maka setidak nya anda bisa sedikit mengutak atik tanpa harus ke dealer daihatsu atau jika tidak anda juga bisa minta bantuan teman atau tetangga untuk menolong memperbaiki mobil anda.

Jadi sebelum membeli mobil di mobil dealer pastikan anda mengerti seluk beluk mesin dahulu selalu beli mobil di dealer daihatsu yang terpercaya, dengan dealers daihatsu yang terpercaya maka keaslia komponen mesin ada akan terjamin

Jangan tergesa-gesa menyalahkan performa mesin grand max jika Anda merasa mobil kurang bertenaga. Bukan tak mungkin kesalahan terletak pada komponen grand max lain. Karena knalpot gran max bocor, misalnya. Untuk mengetahui kebocoran knalpot gran max dapat dilakukan dengan cara mendengar. Knalpot daihatsu gran yang bocor biasanya menghasilkan suara gas buang daihatsu gran lebih berisik dan keras seiring putaran mesin.

Bila benar knalpot daihatsu mobil mengalami kebocoran, perbaikan dapat dilakukan dengan mengelas bagian-bagian daihatsu mobil yang bocor. Namun jika sudah terlalu parah dan keropos di mana-mana, mau tidak mau knalpot tersebut harus diganti dengan yang baru.

Knalpot mobil daihatsu bocor memang dapat mempengaruhi performa mesin mobil daihatsu. Hubungan sebab akibat itu terjadi karena secara teknis kebocoran pada knalpot daihatsu grand max dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan mesin daihatsu gran max.

Normalnya, dari 100% panas yang dihasilkan mesin, 32% hilang akibat pendinginan mesin, 6% hilang akibat gesekan, 3% hilang akibat bermacam pompa di mesin, 34% akan terbuang melalui gas buang daihatsu grand max. Nah, hanya 25% lah yang dimanfaatkan untuk menjadi tenaga. Jumlah untuk tenaga inilah yang akan semakin kecil jika knalpot bocor. Karena panas mesin grand max daihatsu yang terbuang ke udara bebas melalui knalpot mobil grand max semakin besar. Itu sebabnya mesin terasa kurang bertenaga.

Selain masalah usia, kebocoran pada knalpot mobil gran max umumnya dipicu oleh korosi (karat). Korosi pada komponen knalpot daihatsu gran max bisa terjadi karena efek kondensasi pada gran max daihatsu (karena perbedaan temperatur antara di dalam dan di luar pipa knalpot) maupun karena kandungan garam yang cukup tinggi di udara sekitar kendaraan.

Dari uraian itu, ada beberapa tindakan yang perlu kita perhatikan agar kasus knalpot mobil grand max bocor tidak terjadi.

Jangan sering-sering idling (stationer) mobil gran max atau berkendara dalam kecepatan rendah pada waktu yang lama. Ini untuk mencegah mengendapnya air dalam pipa knalpot.
Jagalah kebersihan bagian kolong kendaraan terutama pada saat musim hujan. Di antaranya adalah pipa atau saluran knalpot.
Beri perhatian extra pada knalpot gran max daihatsu bila sering melewati daerah-daerah yang mengandung kadar garam yang tinggi (melewati pantai misalnya). Cara ini untuk mencegah korosi.(Source : AstraWorld)

Temukan semua

Grand Max - Gran Max - Daihatsu Gran - Daihatsu Dealers - Dealers Daihatsu - Daihatsu Mobil - Dealer Mobil Mobil Daihatsu Mobil Dealer - Daihatsu Grand Max - Grand Max Daihatsu - Daihatsu Gran Max - Gran Max Daihatsu Dealers Mobil - Mobil Dealers - Daihatsu Dealer - Dealer Daihatsu - Mobil Grand Max - Mobil Gran Max dan Dealer&Dealers Daihatsu Mobil:Daihatsu Grand Max&Daihatsu Gran Max semua ada di 88DB.Com

No comments:

Post a Comment