Thursday, April 2, 2009

Persiapan Menjelang Pernikahan

Karena merasa tak cukup punya waktu, sedangkan keluarga pun tinggal berpencaran, mungkin Anda menyerahkan persiapan pernikahan Anda pada Wedding Planner, atau Wedding Organizer. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang harus kita tangani sendiri karena Wedding Organizer (WO) tak akan mengetahui secara detail selera dan kebutuhan Anda.

Di bawah ini Anda dapat mencek beberapa hal yang menuntut Anda untuk turun tangan secara langsung untuk melakukan persiapan pernikahan:

Undangan

Staf dari Wedding Party Planner mungkin sudah membawa beberapa contoh undangan sesuai budget Anda, atau membuat desain undangan sesuai konsep yang Anda inginkan. Namun Andalah yang harus memilih desain yang paling sesuai keinginan Anda, dan memeriksa teks yang dibuat.

Gaun pengantin atau kebaya
Jika Anda telah menentukan Paket Wedding, Anda harus memilih gaun atau kebaya yang disewakan. Jika Wedding Organizer telah menetapkan desainer atau penjahit yang juga menyediakan bahan kebaya, Andalah yang harus menentukan warna dan bahannya. Anda juga yang menetapkan desain gaun atau kebaya yang disodorkan. Kemudian, tentu saja Anda harus selalu datang saat fitting.

Rias wajah dan rambut

Wedding Organizer umumnya juga telah memiliki berbagai rekanan untuk pernikahan, di antaranya make up artist yang sesuai keinginan dan budget Anda. Make up artist biasanya juga memiliki contoh rias wajah dan rambut, karena itu Anda akan diminta memilih model konde (tradisional atau modern), aksesori rambut, atau model bulu mata saat test make up.

Dokumentasi

Anda akan diminta menentukan tim fotografer dan videografer yang sudah direkomendasikan Wedding Organizer berdasarkan portfolio-nya, atau konsep Paket Wedding yang ditawarkan. Akan sangat membantu bila Anda pun mempunyai "bekal" konsep foto untuk undangan atau foto pre-wedding, misalnya. Bagaimana bila semua fotografer rekanan Wedding Organizer menetapkan fee yang terlalu besar untuk budget Anda? Anda harus bisa mendesak Wedding Organizer untuk mencari fotografer dengan tarif yang lebih bersaing, atau bahkan Anda harus menemukan tim fotografer lain yang sesuai budget.

Menu
Anda dapat ikut menghadiri festival wedding dimana Anda bisa langsung melakukan food test di beberapa vendor. Meskipun menentukan jumlah porsi makanan bisa Anda serahkan kepada Wedding Organizer, Anda juga harus memilih sendiri satu dari beragam katering yang sudah diajukan. Selain itu tentunya memilih menu yang sesuai keinginan Anda.

Suvenir

Memilih suvenir yang sesuai budget akan cukup memakan waktu. Anda tak perlu ikut blusukan ke pasar atau ke tempat workshop pembuat suvenir, namun -seperti pada menu- Anda harus menentukan suvenir yang sudah diseleksi oleh Wedding Organizer berdasarkan harganya.

Acara

WO biasanya sudah menyusun rundown acara sejak H-1, hingga hari H. Namun jauh sebelumnya Anda dapat menjelaskan secara singkat konsep acara yang Anda inginkan. Wedding Organizer kemudian akan "menerjemahkan" konsep yang Anda inginkan tersebut ke dalam susunan acara. Anda juga perlu melihat penampilan pengisi acara yang sudah diajukan Wedding Organizer, baik secara langsung ataupun melalui video. Kemudian, tentukan lagu-lagu yang ingin ditampilkan, jika Anda memiliki permintaan khusus. Namun hati-hati bila Wedding Organizer banyak menawarkan acara tambahan, Anda tak harus menerima tawaran tersebut karena tambahan acara bisa membuat budget membengkak. Pendek kata, kendali tetap ada di tangan Anda.

Keuangan

Pada awal pertemuan, Wedding Organizer biasanya akan menanyakan berapa budget pernikahan Anda agar mereka dapat menyusunPaket Wedding yang sesuai budget. Namun kadangkala besaran feevendor rekanan Wedding Organizer melebihi budget, sehingga ia harus mengutak-atik lagi susunan budget tersebut. Anda harus bisa mendesak agar Wedding Organizer dapat menemukan rekanan lain yang tarifnya lebih masuk akal. Lakukan juga tawar-menawar mengenai fee Wedding Organizer itu sendiri. Terakhir, Anda harus membayar semua tagihan yang dibebankan langsung kepada vendor.

Sumber: Kompas.com

Temukan informasi lainnya hanya di Paket Wedding - Paket Ulang Tahun - Weddings Party - Weddings Planner - Wedding Planner - Wedding Party - Wedding Party Planner dan Paket Ulang Tahun - Paket Wedding:Weddings & Wedding Party Planner Bekasi pada 88db.com

No comments:

Post a Comment