Friday, April 24, 2009

Tips Kreatif Dengan Kain Flanel



Kain Flanel atau kain felt dapat digunakan untuk membuat aneka kreasi menarik seperti dompet, gantungan kunci, boneka mungil dan sebagainya. Selain merupakan kegiatan yang menyenangkan, hasil
Aneka Kreasi & Kreasi Unik juga dapat berkembang menjadi bisnis Aneka Kreasi & Kreasi Unik yang menguntungkan. Buat Anda yang ingin mencoba kreasi dari kain flanel, berikut kami berikan petunjuk dasar.


* Persiapkanlah bahan dan alat yang digunakan seperti:
Kain Flanel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem serbaguna.


* Buatlah pola
Kreasi Kain yang diinginkan pada kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).


* Gunakanlah
Kreasi Kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan Kreasi Kain Flanel yang memiliki bekas lipatan, seterikalah dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.


* Untuk memudahkan menjahit risleting, jelujurlah terlebih dahulu atau berilah sedikit lem.


* Gunakanlah benang sulam untuk menjahit
Kreasi Kain flanel, warnanya disesuaikan dengan warna Kerajinan Kain flanel.


* Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran
Kreasi Flanel, menggabungkan 2 lembar kain Kreasi Flanel yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada Kreasi Kain flanel.

*
Setelah kreasi selesai, rapikanlah serat-serat Kreasi Kain flanel pada pinggir jahitan dengan menggunakan gunting. Bentuk desain dapat Anda ciptakan sendiri atau dengan melihat referensi dari buku-buku, majalah, internet dan lain-lain. Ada banyak buku tentang aneka Kerajinan Kain flanel yang bisa Anda dapatkan di toko-toko buku, diantaranya buku karangan Emi Risna Imawati, Eka Yunita, Dwi Retguntari dan Yulina Setianingsih. Selamat berkreasi.

Temukan informasi mengenai
Kain Flanel | Kerajinan Kain | Kreasi Kain | Kreasi Flanel | Aneka Kreasi | Kreasi Unik | Kreasi Kain flanel dan Kain Flanel & Kerajinan Kain Flanel : Kreasi Kain Flanel – Aneka Kreasi Unik Semarang pada 88db.com

http://pernik-flanel.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment