Thursday, April 23, 2009

Tips Sablon Kaos Oblong



Salah satu unsur utama dari usaha Baju Kaos distro atau Baju Kaos clothing adalah bagaimana kita bisa mentransfer desain ke Kaos Baju atau produk-produk lainnya.

Nah, kuncinya adalah teknik penyablonan pada Kaos Baju. Berikut salah satu teknik penyablonan dengan cara manual.

Pertama-tama yang harus disiapkan adalah bahan untuk membuat film dan alat sablonnya.

Bahan untuk membuat film adalah:
1. Kaca
2. Busa
3. Pencahayan yang cukup, bisa dari lampu maupun matahari.

screen_utk_sablon

Bahan untuk membuat alat Sablon Kaos Digital & Sablon Baju Digital atau Manual adalah:
1. Screen
Alat berbentuk mirip bingkai kayu dengan kain khusus di tengahnya. Ukurannya beragam, mulai dari 20×30cm hingga yang berukuran besar.
2. Rakel
digunakan untuk meratakan pasta cat, mirip batang memanjang dengan karet di bagian bawahnya.
3. Meja sablon
4. Triplek (digunakan untuk melapisi bagian dalam kaos ketika disablon)

Bahan untuk membuat adonan warna
1. Cat/tinta sablon
2. Pasta, berupa cairan-cairan tertentu untuk mengatur tingkat kekentalan tinta/cat. Beberapa yang bisa dipakai misalnya cairan M3, M3 super, thinner dll.
3. Ulano
4. Lem kayu

Begitu semua bahan siap (jangan lupa juga siapkan desain gambar yang akan disablon ke kaos), kita siap menyablon Pesan Kaos yang telah di pesan oleh konsumen. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut.

1. Lapisi screen dengan ulano. Tunggu hingga benar-benar kering sebelum digunakan.
2. Fotokopi desain atau Pesan Kaos desain yang akan disablon ke fotokopi transaparan.
3. Transfer desain yang telah difotokopi tadi ke screen. Tutup bagian belakannya dengan kaca kemudian tempelkan gambar tadi di belakang screen.
4. Lapisi permukaan depan screen dengan busa yang ukurannya sama dengan screen.
5. Setelah “kue lapis” screen tadi terpasang sempurna, hadapkan ke matahari. Waktunya kurang lebih 1 menit. Ingat, jangan terlalu lama atau proses pemindahan film menjadi tidak sempurna. Proses ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan cahaya lampu pijar. Hanya waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama.
6. Jika proses pembuatan film telah berhasil(apabila anda sablon manual klo Kaos Digital & Sablon Baju Digital, kita siap mencetak sablon. Siapkan kaos yang akan disablon. Masukan triplek ke dalam kaos untuk menjaga hasil sablom stabil dan sempurna.
7. Letakkan kaos di meja sablon. Kemudian pasang screen yang telah dibubuhi pasta cat ke atasnya. Setelah anda yakin posisinya sudah pas, gesek screen dengan rakel secara merata.
8. Setelah pasta cat rata, angkat screen dari kaos. Keringkan Baju Sablon & Sablon Baju dan Baju Sablon & Sablon Baju siap digunakan atau lenjut ke proses berikutnya.


Temukan Informasi mengenai Kaos Baju | Baju Sablon | Pesan Kaos | Sablon Baju | Sablon Digital | Baju Digital | Baju Kaos | Kaos Digital | Sablon Kaos Digital | Sablon Baju Digital dan Kaos Baju & Baju Sablon:Pesan Kaos & Sablon Baju - Sablon Digital Bandung Jawa Barat pada 88DB.Com.

http://tips-usaha.com/

No comments:

Post a Comment