Wednesday, April 22, 2009

Tips Ternak Ikan Hias



Berikut ini adalah rangkaian tips dan petunjuk yang berguna bagi pemula untuk menjalani hobi memelihara Ikan Hias. Spesies Ikan Hias tertentu bisa hidup dalam waktu yang sangat lama bila dirawat dengan baik. Oleh karena itu, anda harus memiliki komitmen jangka panjang sebelum mulai memelihara Ikan Hias Air Tawar.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda lakukan sebelum mulai memelihara ikan:
  1. Cari informasi sebanyak mungkin sebelum membeli ikan. Perhatikan faktor-faktor berikut:
    1. Seberapa besar ikan tersebut bila dewasa dan apakah anda mempunyai akuarium yang cukup besar untuk mengakomodasi ukuran tubuh ikan setelah dewasa.
    2. Cari tahu mengenai suhu air, rentang pH dan sebagainya
    3. Apa jenis makanan ikan yang dimakan
    4. Temperamen spesies ikan. Apakah spesies tertentu cocok untuk disatukan dengan ikan yang sudah anda miliki atau ingin anda pelihara di masa mendatang. Faktor ini sering terabaikan oleh penghobist.
    5. Apakah spesies yang akan anda pelihara mampu berkembang biak dengan cepat? Bila demikian, apakah anda memiliki peralatan pada saat ikan berkembang biak?
    6. Apakah ikan yang akan dibeli rentan terhadap penyakit tertentu?
  1. Belilah akuarium sebesar mungkin sesuai dengan anggaran dan ruang yang anda miliki. Akuarium yang besar menyebabkan air dalam akuarium lebih stabil. Sebagai contoh, bila pemanas suhu rusak, dan toko-toko Jual Ikan sudah tutup, suhu air akan lebih stabil dalam akuarium yang besar.
  2. Pelajari tentang siklus nitrogen dalam akuarium apabila anda ingin Budidaya Ikan Hias. Proses penting ini harus anda pahami bila anda ingin berhasil dalam memelihara ikan hias air tawar.
  3. Pelajari peralatan akuarium sebelum anda membeli atau melakukan Budidaya Ikan Hias.
  4. Bila anda senang membaca, belilah buku-buku tentang ikan hias air tawar. Membaca buku adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan untuk memelihara Ikan Hias Air Tawar. Berlangganan majalah Ikan Air Tawar dan akuarium juga merupakan salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan tips dan anda terus mengetahui hal yang baru dalam hobi ini, bisa juga anda bertanya pad aPenJual Ikan Hias
  5. Sediakan banyak tempat bersembunyi bagi ikan. Tempat bersembunyi akan menjadi tempat pengungsian ikan dan akan menurunkan level stress ikan.peralatan seperti itu dapat di temukan di Toko Ikan & Toko Ikan Hias.
  6. Beli test kit air akuarium untuk memonitor siklus nitrogen akuarium. Anda dapat membeli test kit untuk menguji kadar amonia, nitrit, nitrat dan pH. Anda juga harus menguji air ledeng bila menggunakan air PAM.
  7. Jangan meletakkan akuarium di dekat jendela. Cahaya matahari yang memasuki akuarium akan menyebabkan ledakan ganggang hijau. Sinar matahari langsung juga akan menyebabkan suhu air dalam akuarium meningkat.
  8. Jangan mengikuti aturan 1inci ikan per 1 galon air. Aturan yang lebih baik adalah 1 inci ikan per 2-3 galon air.
  9. Lakukan deklorinasi air ledeng sebelum dimasukkan ke dalam akuarium tanya sama PenJual Ikan Hias deh karena mereka lebih tau tentang deklorinasi itu apa hehe..
  10. Beli filter akuarium di Toko Ikan & Toko Ikan Hias yang memiliki beberapa cartridge, sehingga anda bisa mengganti salah satu bila sudah kotor.
  11. Jangan membilas filter dengan air ledeng. Gunakan air dalam akuarium yang sudah anda saring saat mengganti air Ikan Air Tawar. Klorin dan kloramin dalam air ledeng akan membunuh bakteri penghilang nitrit dan nitrat dalam filter.

Temukan informasi mengenai Ikan Air Tawar | Ikan Hias | Toko Ikan | Toko Ikan Hias | Jual Ikan | Budidaya Ikan Hias | Jual Ikan Hias | Ikan Hias Air Tawar dan Toko & Budidaya Ikan Hias : Jual Ikan Hias & Ikan Hias Air Tawar Bandung Jawa Barat pada 88db.com.

http://www.cp-petfood.com

No comments:

Post a Comment