Wednesday, April 15, 2009

Ciri Khas Madu Berkualitas

Bagian yang paling penting dalam konsumsi kurma madu adalah memilih sari madu yang berkualitas. Pada dasarnya semua madu kurma dari ratu langsing adalah asli, tapi untuk menentukan kualitas kurma madu, harus dilakukan penelitian di laboratorium.

Kebanyakan orang salah kaprah dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat tentang cara memilih sari madu atau produk herba. Misalnya tentang semut tidak suka madu kurma. Mitos ini salah, karena ada gula ada semut. Semut tidak akan suka dengan madu dari sari kurma apabila madu dari produk herba tersebut sudah menjadi asam atau terfermentasi.

Berikut ini beberapa tips yang benar dalam memilih madu dari sari kurma:
1. Kental, tidak berbuih, dan rasanya manis.
Tingkat kekentalan madu dari ratu langsing tergantung pada kadar air dalam madu. Menurut FAO ( organisasi pangan PBB ), kandungan air dalam madu yang bagus maximum 20%. Jika madu tersebut berbuih, artinya madu tersebut terlalu lama dibiarkan di wadah terbuka dan mengalami fermentasi. Dan seringkali rasanya menjadi sedikit asam.

2. Tidak tembus ketika ditetesi ke atas kertas koran
Madu yang bagus memiliki kekentalan yang tinggi dan kandungan air yang sedikit. Sehingga madu tidak akan menembus kertas koran. Tapi gula aren yang dipanaskan juga memiliki kekentalan seperti madu.

3. Menggelembung jika dipanaskan
Coba bandingkan gula dan madu yang dipanaskan. Larutan gula akan berbuih banyak seperti air mendidih jika dipanaskan. Sedangkan madu menghasilkan gelembung-gelembung udara yang membesar lalu meletus jika dipanaskan.

4. Madu tidak mengering jika dijemur
Oleskan sedikit madu pada tangan, lalu jemur di terik matahari. Madu asli yang tidak bercampur larutan gula tidak akan menjadi kering. Sedangkan madu campuran akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan

http://cintaherbal.wordpress.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Sari Kurma - Kurma Madu - Produk Herba - Sari Madu - Madu Kurma - Ratu Langsing dan Sari Kurma & Kurma Madu:Produk Herba–Sari Madu Kurma Ratu Langsing Kemayoran Jakarta di 88db.com

No comments:

Post a Comment