Monday, April 27, 2009

desain untuk rumah

Banyak orang awam dalam interior/arsitektur rumah ragu menggunakan jasa studio arsitek konsultan desain interior atau arsitektur rumah. Karena kawatir biaya konsultan arsitek mahal. Tidak sedikit juga email yang datang kepada saya yang mulai dengan pertanyaan berapa harga konsultan arsitek desain interior atau desain arsitektur, atau berapa biaya jasa desain arsitektur. Tip di bawah ini mungkin berguna.

Anda sebaiknya tahu dulu bahwa pekerjaan arsitek konsultan desain interior dan jasa arsitek adalah dua hal yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama mendesain yaitu mendesain ruang. Technically, definisi kasarnya dari desain jasa arsitek yaitu mendesain tampak luar, yaitu tampak luar sebuah bangunan, rumah, ruko, rukan, mall atau gedung perkantoran.

Karena baik arsitek rumah maupun interior mencakup bidang jasa yang luas, maka harga jasa arsitektur konsultan pun ditentukan oleh berapa luas scope atau lingkup pekerjaan arsitek rumah maupun desain interior.

Misalnya untuk konsultan arsitektur lingkupnya bisa minimal, sedang atau penuh. Yang termasuk kategori minimal adalah jasa pembuatan gambar arsitektur konsultan yaitu denah, gambar tampak dan potongan serta pengamatan lokasi/survey.

Selain jasa konsultan arsitektur tersebut Anda juga dapat sekaligus meminta jasa konsultan desain pembangunan/kontraktor. Itu berarti anda meminta jasa design and built.

Setiap kantor konsultan desain mempunyai cara menghitung jasa yang berbeda-beda. Ada yang mendasarkan pada prosentase, pada jumlah m2 atau pada jam kerja (khususnya bila hanya meminta jasa pengawasan). Bila di dasarkan pada persentase, kisaran biaya arsitek (jasa penuh) adalah 2 persen s.d. 10 persen dari total biaya (RABginya.

Jasa desain konsultan rumah pun menggunakan hitungan prosentasi yang mirip. Umumnya, untuk konsultan rumah banyak orang lebih suka meminta jasa desain and built. Artinya Anda meminta jasa desain ruang, sekaligus membuat perabotannya, termasuk pengecatan dinding, pembuatan lantai, plafon sampai lighting. Nah, kalau itu dilakukan desain feenya bisa Anda tawar sampai 0%. Kami pun biasa memberikan gratis fee desain bila klien kami meminta jasa desain and built.

Ada juga orang yang melakukan secara bertahap. Artinya desain interiornya dibuat dulu secara keseluruhan, sedang pengisiannya dilakukan secara bertahap. Strategi ini adalah strategi yang baik untuk menghindari komposisi isi rumah tidak harmonis. Ketika budget sudah mencukupi Anda dapat mulai mengisi furniturenya satu persatu. Yang penting ketika anda mulai melakukan proses desain Anda menentukan langgam desain rumah (etnik, minimalis, retro, modern atau eklektik/campuran berbagai langgam).

Temukan semua Arsitektur Rumah | Desain Arsitektur | Jasa Arsitek | Arsitek Rumah | Arsitektur Konsultan | Konsultan Arsitektur | Konsultan Desain | konsultan Rumah | Arsitek Konsultan | Konsultan Arsitek dan Arsitektur Rumah&Desain Arsitektur : Jasa Arsitek Rumah&Arsitektur Konsultan Kemayoran Jakarta semua ada di 88DB.Com

No comments:

Post a Comment