Wednesday, April 1, 2009

Kerajinan Logam

Desa bedono adalah sebuah desa yang di lalui jalur lintas semarang jogja,di desa ini banyak usaha Kerajinan Kuningan yang telah mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat bedono dan sekitarnya. Kerajinan kuningan desa bedono menggunakan media dasar kuningan berupa plat/lembaran kuning dengan tebal kurang dari 0,5mm sedangkan panjang dan lebar di sesuaikan dengan ukuran bingkai/frame kadang juga berdasarkan pesanan pembeli.

Dalam proses pembuatan Kerajinan Kuningan membutuhkan waktu berhari-hari di awali dengan cara menggores pakai pensit berdasarkan desain,terus menimbulkanya dengan alat penyodok sesuai dengan dimensi atau anatomi gambar yang di inginkan (Hammered Handicraft), setelah itu masih melalui beberapa tahap hingga proses terakhir yaitu memberinya bingkai.

Kerajinan Logam ini menampilkan karya seni relief kaligrafi dan gambar dengan berbagai motif dan tema yang pada umumnya hampir memiliki kesamaan dengan motif-motif relief lain terutama motif pada seni relief ukir.

Pada dasar fungsi dan kegunaanya hasil Kerajinan Logam ini di gunakan sebagai ornamen untuk menghiasi suatu tempat atau memperindah suatu ruangan dengan tampilan warna kuning keemasan berkesan mewah.

Harga hasil Kerajinan Handicraft ini relatif murah dan terjangkau karena berkisar antara Rp.250.000 sampai Rp.1juta tergantung dari ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Dalam perkembanganya,
Kerajinan Kuningan sejauh ini belum banyak mengalami perubahan karena dari proses awal hingga akhir masih menggunakan tenaga manual.

Sumber: sangbayang.kotangawi.com

Temukan informasi lain mengenai Hammered Handicraft - Kerajinan Tembaga - Kerajinan Logam - Kerajinan Kuningan - Kerajinan Handicraft hanya di Hammered Handicraft & Kerajinan Tembaga:Kerajinan Logam & Kuningan Boyolali Jawa Tengah 88db.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment