Friday, April 24, 2009

Kerajinan Sebagai Potensi Wisata Desa di Yogya

Desa wisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) jika dikembangkan dan dibina dengan baik berpotensi menjadi andalan pariwisata. Daerah ini memiliki banyak desa wisata yang masing-masing memiliki ciri khas sendiri.

Misalnya di kabupaten Bantul ada desa wisata yang berbasis potensi kerajinan kayu seperti desa Kerebet,
kerajinan gerabah di Kasongan, dan kerajinan kulit di Manding.

Selain itu DIY juga memiliki desa wisata dengan potensi alam, budaya dan seni. Desa bergerak di bidang studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Selain itu juga ada kegiatan pendampingan masyarakat dalam mengelola desa wisata di samping terus berupaya mengembangkan desa wisata di daerah ini dengan menggerakkan warga setempat untuk membangun desa agar menjadi tujuan wisatawan.

Tiap desa wisata memiliki potensi yang bisa dikembangkan, seperti pertanian, peternakan maupun nilai seni dan budaya, hasil kerajina seperti
poole pottery, hand made pottery, pottery bowl, dsb. Jika potensi tersebut digarap maka diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran wisatawan yang berkunjung ke desa itu.

Berkembangnya desa wisata secara otomatis akan mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat melalui upaya ’menjual’ potensi desanya, seperti aneka kerajinan,
kerajinan gerabah, gerabah pottery, poole pottery, pottery bowl, maupun handmade pottery lainnya.
Desa wisata yang umumnya dikelola warga setempat dan suasananya masih alami itu layak ditawarkan kepada wisatawan mancanegara maupun domestik.

Wisatawan ditawarkan untuk menikmati hidup di alam pedesaan, termasuk melihat kehidupan warga setempat sehari-hari dengan menginap di rumah penduduk.

Wisatawan bisa ikut mencangkul atau membajak sawah yang dilakukakan petani desa, menggarap hasil kerajinan, melihat pertunjukan kesenian tradisional dan kegiatan lainnya.

www.kompas.com

Temukan indofemasi lainnya mengenai
Kerajinan Gerabah - Poole Pottery - Hand Made Pottery - Pottery Bowl - Gerabah Jakarta - Gerabah Pottery hanya di Kerajinan Gerabah & Poole Pottery : Hand Made Pottery - Pottery Bowl & Gerabah Jakarta pada 88db.com

No comments:

Post a Comment