Wednesday, April 8, 2009

mengurangi penggunaan tas plastik

Plastik menjadi masalah yang sangat serius untk saat ini tas kertas ataupun paperbag custom merupakan pilihan yang baik untuk mendukung menekan sampah plastik. paperbag custom ini merupakan tas kertas yang di desain dengan unik agar terlihat menarik, penggunaan custom paper bag sudah banyak tersebar dan juga paper bags custom juga di gunakan tidak hanya di rumah tangga saja. Melainkan custom paper bag ini dudah di gunakan di supermareket.

Dengan desain custom paperbag sudah tentu kita tak kalah gaya dengan pengguna tas plastik dan jangan kuatir paper bags custom ini kuat dan tahan lama, design paper bags ini pun juga di desain secara unik, bahkan bisa di bilang design paperbag lebih bagus daripada tas plastik.

paper bag design yang unik bisa menambah gaya dan design paper bag memberikan kesan “tidak biasa” dalam penggunaan nya. Inilah mengapa design paper bags ini memang unik, dan membuat pengguna paperbag design ini semakin gaya dan trendy.

Dengan paper bags design kita mengurangi global warming, karena dengan mengurangi penggunaan custom paperbag maka bisa mengurangi kadar karbon di atmosfer, jika tidak menggunakan tas kertas atau design paper bag maka proses pembuatan ataupun pembakaran dari tas plastik ini bisa menambah kadar karbon di atmosfer maka dari itu penggunaan paper bag design sangat di sarankan.

Berikut artikel tentang supermarket yang menggunakan tas kertas, walaupun tidak menggunakan paperbag design tetapi usaha mereka dalam menekanjumlah penggunaan plasik patut di ancungi jempol semoga saja penggunaan paper bags design bisa bertambah di supermarket indonesia.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa plastik merupakan salah satu kontributor aktif dalam sampah domestik atau rumah tangga. Hampir semua barang-barang rumah tangga dibungkus atau di tempatkan dalam wadah plastik sekali pakai. Padahal plastik merupakan komponen yang sama sekali tidak ramah lingkungan karena dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk terdaur ulang.

Menghentikan penggunaan plastik saat ini memang masih belum bisa kita lakukan, tetapi membatasi penggunaan plastik sangat bisa kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Lihat saja apa yang sudah dilakukan oleh Superindo.

Supermarket Superindo memberikan solusi yang cukup unik dan layak untuk ditiru oleh supermarket yang lain.

Di setiap ujung meja kasir Superindo terdapat sebuah stiker yang menganjurkan para pembeli untuk menggunakan kardus bekas dan tidak menggunakan tas plastik/ kresek.

Sang kasir juga secara aktif selalu menanyakan kesediaan pembeli untuk menggunakan kardus bekas.

Cara ini cukup efektif karena dengan menggunakan kardus bekas, Superindo sudah melakukan dua langkah dalam Waste Management Hierarchy atau yang biasa yang dikenal dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Langkah pertama yang sudah dilakukan oleh Superindo adalah “Reduce” atau pengurangan. Penggunaan kardus bekas dapat menggurangi penggunaan plastik khususnya tas kresek plastik dan secara otomatis juga dapat mengurangi sampah plastik.

Sedangkan langkah yang kedua adalah “Reuse” atau penggunaan kembali. Penggunaan kardus-kardus tersebut adalah langkah yang sangat tepat karena memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai. Sebelumnya kardus-kardus tersebut berakhir di tempat sampah, padahal sebagai sebuah supermarket, Superindo mempunyai banyak sekali kardus sisa packaging berbagai macam produk.

Ya walaupun tidak menggunakan design paperbag tetapi menggunakan kardus bekas yang memang bisa di pakai ulang, untuk mengurangi jumlah sampah

No comments:

Post a Comment