Friday, April 24, 2009

Persingan Persewaan Mobil

Pengusaha car rental di Semarang, hingga hari ketujuh puasa Ramadan masih sepi order dari masyarakat yang ingin menyewa mobil untuk dibawa mudik Hari Raya Idulfitri 1429 H, sama halnya dengan yang terjadi di rental car Surabaya. "Order belum ramai, kita baru menerima order untuk mudik Lebaran 1429 H sebanyak tiga orang dengan tujuan Semarang-Solo," kata Jumino (43) pemilik car rental di Semarang Timur, Minggu (7/9).

Menurut dia, biasanya order dari kalangan masyarakat untuk mudik mulai ramai 10 hari sebelum Lebaran 2008 sehingga wajar jika pesanan mobil dari Surabaya car rental yang digunakan pulang ke kampung halamannya kini masih sepi. Beberapa pengusaha persewaan mobil, seperti car rental Surabaya mengatakan, sekarang ini para penyewa mobil dari car Surabaya rata-rata masih berasal dari luar kota yang digunakan untuk melakukan aktivitas usaha selama satu hari atau dua hari di Kota Semarang, bukan untuk pulang mudik. "Para penyewa mobil, juga untuk penyewa Surabaya car rental untuk mudik rata-rata menyewa selama empat hari dengan biaya bervariasi tergantung jarak. Untuk Semarang-Pekalongan biaya sewa sekitar Rp350 ribu per 12 jam. Sementara untuk jurusan Semarang-Jakarta dan Semarang-Surabaya, biaya sewa mobil Rp600 ribu per 12 jam," katanya, sama halnya dengan car Surabaya.

Biaya sewa mobil di Surabaya car untuk mudik belum termasuk biaya bahan bakar minyak (BBM) karena aturannya kini pengisian BBM harus ditanggung penyewa, katanya. Untuk menghadapi Hari Raya Idulfitri 1429 H, rental car Surabaya mengaku hanya menyediakan mobil Toyota Kijang sebanyak empat unit karena konsumen dari Surabaya car lebih suka menggunakan mobil tersebut, sama halnya dengan car rental Surabaya.

Pemilik "Atlantik Rent Car" di Semarang Barat, Joko Nugroho (42) mengatakan, biasanya menginjak hari keempat bulan Ramadana order sudah mulai berdatangan. Namun, katanya, untuk Ramadan tahun ini sama sekali belum ada orang yang menyewa mobil untuk Lebaran."Saya tidak tahu penyebabnya, mungkin karena sekarang banyak usaha serupa," katanya. "Kemungkinan besar persewaan mobil Lebaran tahun ini menurun karena kalangan masyarakat cenderung banyak yang menggunakan sepeda motor untuk mudik akibat harga BBM yang melonjak," katanya. Dia mengakui, kemungkinan besar harga sewa mobil mendekati Lebaran bisa naik sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu tergantung jenis mobilnya yang disewa.

http://www.suaramerdeka.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Rental Car Surabaya | Car Rental Surabaya | Surabaya Car Rental | Car Surabaya | Surabaya Car | Car Rental dan Car Rental Surabaya : Surabaya Car Rental & Rental Car Surabaya di 88db.com

No comments:

Post a Comment